Breaking News
e-Katalog Rona Budaya - PKD 2023 | Buku Acara Pekan Kebudayaan Daerah 2023 | Penyerahan Anugerah Kebudayaan Sumatera Barat - PKD 2023 | Penampilan Peserta Festival Teater Remaja - PKD 2023 | Workshop Content Creator - PKD 2023 | Seminar Milineal Berbudaya - PKD 2023 | Rundown Kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Barat 2023 - PKD 2023 | Jadwal Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Barat - PKD 2023 |
Panggung Budaya Kabupaten / Kota

Panggung Budaya Kabupaten / Kota

Share Berita :

PETUNJUK TEKNIS

PEKAN KEBUDAYAAN DAERAH ( PKD )

SUMATERA BARAT TAHUN 2022

“ DAYA BUDAYA “

 

PANGGUNG BUDAYA

KABUPATEN / KOTA

 

DI TAMAN BUDAYA SUMATERA BARAT, 1 - 5 OKTOBER 2022

 

 

Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Barat tahun 2022, selain untuk menggambarkan perkembangan kultural—terutama keragaman seni - budaya tradisi—sekaligus bertujuan untuk memperlihatkan capaian kreativitas dalam pengembangan budaya lokal, seperti dalam industri kreatif (ekonomi kreatif), seni pertunjukan dan literasi.

Panggung Pertunjukan Budaya kabupaten / kota, adalah salah satu tema kegiatan  PKD 2022, yang merupakan upaya untuk memperlihatkan situasi kultural masyarakat di Sumatera Barat melalui panggung pertunjukan. Panggung Pertunjukan kota / kabupaten ini akan menampilkan  komunitas-komunitas budaya dari 19 kabupaten / kota.

 

KRITERIA PENAMPILAN : 

PKD 2022, mengusung tema “ Daya Budaya ” yang akan memperlihatkan dua sisi kehidupan kebudayaan di Sumatera Barat. Di satu sisi masih terpaut dengan budaya tradisional, tetapi pada sisi lain telah muncul berbagai gerakan pembaruan, yang ditandai dengan tumbuhnya komunitas dan kreasi baru. Berdasarkan dua pengertian ini, maka konsep kurasi untuk Panggung Budaya Kabupaten / Kota akan mencakup;

  1. Untuk daerah-daerah yang berada dalam lingkup administrasi kabupaten, pilihannya adalah komunitas budaya yang masih berada dalam tatanan masyarakat kumunal-tradisional, dalam artian seni budaya yang ditampilkan juga masih dalam kategori tradisional.
  2. Untuk daerah-daerah yang berada dalam wilayah administrasi kota, pilihannya adalah komunitas budaya yang lebih terorganisir dalam artian manajemen, dan seni budaya yang mereka kembangkan adalah berbagai bentuk kreasi yang berbasiskan seni-budaya tradisi. Misalnya sanggar-sanggar yang kemunculannya relatif baru dengan struktur organisasi yang lebih bersifat individual.

 

TEKNIS PENAMPILAN:

  1. Durasi                    : 30 - 35 menit (paket)
  2. Jumlah anggota       : Minimal 7 orang, kecuali Salawat Dulang
  3. Waktu penampilan   : malam (jadwal menyusul)

 

PENILAIAN PENAMPILAN / PENGHARGAAN 

Untuk  mendorong peningkatan kualitas penampilan (bukan konten), seluruh peserta Panggung Budaya Kota / Kabupaten akan dinilai dari aspek manajemen pertunjukannya, yakni bagaimana membuat sebuah paket pertunjukan lebih menarik sesuai dengan karakter dan konten dari materi yang ditampilkan. Penilaian akan dilaksanakan secara terpisah terhadap kabupaten dan kota.

  1. Untuk Kabupaten akan diberikan 6 (enam) Penghargaan sebagai Penampil Terbaik (tanpa rangking), dan 4 (empat) untuk Kota (tanpa rangking). Untuk 10 penampil terbaik akan diberika bonus sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah).
  2. Setiap peserta utusan dari kabupaten / kota diberikan biaya produksi jumlah Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) (dipotong pajak). 

 

 

 

LAMPIRAN

 

Daftar Penampilan Kabupaten / Kota untuk Panggung Budaya

Pekan Kebudayaan  Daerah ( PKD ) Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 :

 

Judul Grup
Indang Tuo Balai Belo  (Seni Tradisi)
Reog Kuda Lumping Grup Sanggar Seni Singo Budoyo
Turuik Laggai Grup Sanggar Seni Sipaumat
Puti Bungo Inai Grup Randai Puti Bungo Inai
Uluambek Grup Sanggar Mudo Matah
Tari Sikambang Grup Rimbo Sarumpun
Sauik Basauik Grup Sanggar anah Sepakat
Mangana Jajak Nan Tingga Grup Gondang Boroguang
Talempong Unggan Musik Tradisi
Indang Solok Grup Indang Merpati
Indang Tagak Seni Tradisi
Salawat Dulang Nagari Pariangan Grup Kilek Barapi
Tarian/Musik Kreasi Grup Sanggar Seni Tari Minangkabau & Nusantara
Kesenian Tradisional Etnis India Grup Bintang Ghazal PKM
Dwi Culture Grup Ethnic Percussion Padang Panjang
Sajam di Pariaman Grup Sanggar Seni Mustika Minang
Tigo Sapilin Komunitas Intro
Campur Sari Grup Tombo Ati
Solok Boneh Grup Sanggar Lubuak Nan Tigo

 

adminpkd 16 September 2022 15:31:53 WIB 906