Breaking News
e-Katalog Rona Budaya - PKD 2023 | Buku Acara Pekan Kebudayaan Daerah 2023 | Penyerahan Anugerah Kebudayaan Sumatera Barat - PKD 2023 | Penampilan Peserta Festival Teater Remaja - PKD 2023 | Workshop Content Creator - PKD 2023 | Seminar Milineal Berbudaya - PKD 2023 | Rundown Kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Barat 2023 - PKD 2023 | Jadwal Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Barat - PKD 2023 |
Festival Tutur Bakaba

Festival Tutur Bakaba

Share Berita :

PETUNJUK TEKNIS

PEKAN KEBUDAYAAN DAERAH ( PKD )

SUMATERA BARAT TAHUN 2022

“ DAYA BUDAYA “

 

FESTIVAL TUTUR BAKABA

DI TAMAN BUDAYA SUMATERA BARAT, 1 - 5 OKTOBER 2022

 

DASAR PEMIKIRAN

  Festival Tutur Bakaba sebagai upaya merevitalisasi daya budaya secara kreatif sastra tutur (lisan) kaba Minangkabau dalam bentuk pertunjukan personal dengan tafsir inovatif, berdaya kreatif, dan inspiratif. Etnis Minangkabau memiliki cerita sastra lisan ini yang jumlahnya ratusan. Ini potensi besar untuk kerja-kerja kreatif.

  Selama ini, dalam kerja-kerja kreatif, kaba Minangkabau, yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat, telah banyak membuka jalan inspirasi bagi pelaku seni: sastrawan, koreografer, musikal, seni rupa, dan penulis naskah teater / drama serta garapan-garapan seni pertunjukan lainnya, 

  Festival Tutur Bakaba merupakan salah satu bentuk kegiatan yang berikhtiar agar kaba bisa teraktualisasi sesuai eranya dan ia tak ditinggalkan generasi. Sebagai bagian penting sastra lisan—naskah-naskah kaba juga banyak dicetak— Festival Tutur Bakaba memberikan kesan keterbukaan interpretasi yang luas terhadap kaba dan dituturkan dengan pemaknaan lalu / melalui tokoh, latar cerita, konflik, alur, dan elemen lainnya yang dikandung kaba, serta bagaimana pesan yang diemban cerita kaba diberi energi dan daya budaya secara kreatif.

  Kaba sebagai salah satu sastra tutur (sastra lisan) istilah untuk membandingkan dengan sastra tulis, dengan beragam jenisnya itu, di dalam masyarakat tradisional Minangkabau bukanlah kegiatan pribadi tapi kegiatan komunal. Sebagai kegiatan komunal, maka kehidupan suatu kesusastraan tradisional banyak ditentukan oleh komunitasnya. Apakah perlu dikembangkan atau akan ditinggalkan, sepenuhnya bergantung kepada khalayak, komunitasnya.

Kaba adalah istilah umum yang untuk sastra Minangkabau yang mengandung cerita, fiksi. Beragam jenis kaba berkembang di nagari-nagari di Minangkabau. Media seni penyampai kaba itu salah satunya adalah seni tradisi pertunjukan randai. Randai adalah seni pertunjukan tradisi yang dimainkan anak-anak nagari (pemuda/remaja/ dewasa ) yang dipertunjukkan di galanggang (arena, ruang publik) di tengah nagari, biasanya pada malam hari.

  Maka, berpijak dari dasar pemikiran di atas, dalam Pekan Kebudayaan Daerah  (PKD) tahun 2022 dengan tema “Daya Budaya” ini, Festival Tutur Bakaba merupakan salah satu upaya pengembangan sastra lisan Minangkabau dengan menyinergikan kearsipan baik jenis teks, tutur (lisan), audio, maupun audio-visual kaba-kaba itu, dengan menghadirkannya dalam seni panggung modern secara personal atau individual dengan segenap elemen-elemen standar pementasan, tentunya.   

  Capaian kreatif yang memungkinkan ialahtafsir terhadap kaba yang ujungnya merepresentasikan atau menghasilkan pertunjukan tutur bakaba itu, tentu tidak bisa dipisahkan dengan upaya personal mereaktualisasi, restorasi, reinterpretasi, dan mewujudkannya dalam pertujukan tutur bakaba, akan tampak panggung pertunjukan membentangkan “kaba” baru bagi audien atau penonton. Kaba dalam pentas pertunjukan akan terlihat sebagai energi baru dan menguatnya spirit sastra kaba Minangkabau yang mengalami metamorfosis dan munculnya simbolisasi baru yang berangkat dari interpretasi personal terhadap kaba yang dijadikan objek dalam Festival Tutur Bakaba ini.

Maka, dapat dikatakan, sebagian besar sastra lisan Minangkabau, termasuk kaba itu, merupakan performing arts, seni pertunjukan, yang umumnya bersifat interaktif dengan audiennya

 

TUJUAN

Festival Tutur Bakaba dalam Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) tahun 2022 ini bertujuan:

  1. Membuka lebih luas tafsir kreatif terhadap kekayaan dan khazanah kaba Minangkabau, terutama bagi generasi muda.
  2. Pengayaan seni panggung seni pertunjukan Sumatera Barat dengan basis khazanah tradisi Minangkabau.
  3. Memperkuat literasi berbasis tradisi Minangkabau (Sumatera  Barat) di tengah perkembangan teknologi digital dan membangun kapasitas masyarakat yang sesuai dengan kekinian
  4. Menumbuhkan laku keaktoran seni panggung di Sumatera  Barat.   

 

PESERTA

  1. Peserta terbuka untuk siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMA, MA,    SMK, dan setingkat ini) dan mahasiswa perguruan tinggi di Sumatera  Barat.
  2. Peserta tampil bersifat personal / individual dengan tafsir dan interpretasi terhadap 1 (satu) buah kaba yang dipilih (daftar kaba terlampir);
  3. Tampil personal / individual di panggung yang disediakan penyelenggara dengan durasi maksimal 10 - 15 menit.
  4. Naskah / teks berupa tulisan (minimal 250 kata tanpa spasi) terhadap tafsir kaba yang dipilih diserahkan ke penyelenggara saat registrasi kesertaan peserta atau kirimkan ke pekadesumbar@gmail.com dengan menuliskan identitas lengkap.
  5. Pendaftarankeikut sertaan / sebagai peserta paling lambat diterima penyelenggara pada Kamis, 29 September 2022 pukul 23.59 WIB secara daring ke surat elektronik (surel)pekadesumbar@gmail.com dan secara luring pada Kamis, 29 September 2022 pukul 16.00 WIB.
  6. Biaya akomodasi dan penggunaan properti di panggung tanggung jawab masing-masing peserta (dilarang menggunakan properti yang berbahaya atau merusak panggung atau pentas.
  7. Penjelasan teknis dewan juri kepada peserta dilakukan 1 jam sebelum Festival Tutur Bakaba dimulai.
  8. Pendaftaran dan registrasi ditutup penyelenggara di saat jumlah peserta telah mencapai yang ditargetkan yaitu masing-masing kategori 30 orang (total 60 peserta).
  9. Penampil akan dipilih dewan juri dengan kriteria yang berlaku dalam seni pertujukan sebanyak 10 terbaik (5 dari SLTA dan 5 mahasiswa) yang masing-masing akan mendapat uang apresiasi @Rp. 1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah), piala dan piagam dari penyelenggara.
  10. Keputusan dewan juri final dan tak bisa diganggu gugat.

 

LOKASI DAN JADWAL

      Lokasi penyelenggaraan Festival Tutur Bakaba di kawasan Gedung Pertemuan Museum Adityawarman, Jalan Diponegoro Padang yang dijadwalkan Minggu - Selasa, 2 - 4 Oktober 2022, pukul 10.00 - 17.00 WIB.

 

JUDUL KABA MINANGKABAU

Berikut Kaba Minangkabau yang telah dibukukan, antara lain:

  1. KabaSabai Nan Aluih,
  2. Kaba Anggun Nan Tongga,
  3. Kaba Malin Kundang,
  4. Kaba Cindua Mato,
  5. Kaba Puti Bungsu,
  6. Kaba Urang Batawi,
  7. Kaba Urang Makassar,
  8. Kaba Si Ramli jo Sariyati,
  9. Kaba Urang Lubuk Sikapiang,
  10. Kaba Gombang Patuanan, 
  11. Kaba PutiNilam Cayo,
  12. Kaba Puti Sari Banilai,
  13. Kaba Gadih Basanai,
  14. Kaba Lareh Simawang,
  15. Kaba Si Sabariah
  16. Kaba Siti Kalasun.
  17. Kaba Malin Deman,
  18. Kaba Rancak di Labuah,
  19. Kaba Sutan Lanjuangan.

Peserta juga dipersilakan mengambil kaba di luar dari daftar ini dengan menyebutkan sumbernya.

 

DEWAN JURI

Dewan juri terdiri 3 orang sesuai dengan kompetensi masing-masing.

  1. Kurniasih Zaitun (Dosen Seni Teater ISI Padang Panjang)
  2. Rizal Tanmenan (etnomusikologi)
  3. Rizal Tanjung  (seniman)
  4. LINI MASA

 

FESTIVAL TUTUR BAKABA

2-4 OKTOBER 2022

PEKAN KEBUDAYAAN DAERAH (PKD)

SUMATERA BARAT TAHUN 2022

“DAYABUDAYA”

JADWAL

KETERANGAN

Mei-September 2022

Penetapan tema dan penginventarisan seni yang akan ditampilkan dalam PKD 2022

1Agustus-15 September 2022

Evaluasi dan target capaian sosialisasi selama rentang waktu tersebut

25 September 2022

Dewan Juri berperan memberi apresiasi kepada peserta. Juri yang diundang sebanyak 3 orang

25-30 September 2022

Panitia penyelenggara dan voluntir memastikan ketersediaan wahana dan sarana serta material untuk festival ini

25-30 September 2022

Mengklasifikasikan sesuai dengan kebersertaanpartisipan dalam Festival Tutur Bakaba Sumatera  Barat sekaligus menjadwalkan penampilan

01–Okt 2022

Menyamakan pandangan terkait dengan teknis pemberian apresiasi bersama dengan kurator dan panitia penyelenggara (panitia)

02-Okt-22

Dilakukan panitia/penanggung jawab yang tujuannya memberi penjelasan terkait dengan kriteria penilaian dan lain sebagainya

2-4 Oktober 2022

Koordinasi panitia dan penanggung jawab

 

adminpkd 16 September 2022 14:26:10 WIB 1,085